Senin, 28 Januari 2019

Waspada, Bahaya Obat Nyamuk Pada Kesehatan

Bahaya Obat Nyamuk - Obat nyamuk merupakan salah satu cara untuk mengusir nyamuk yang ada dikamar atau diruangan lainnya. Namun tahukah anda bahwa apakah penggunaan obat nyamuk benar-benar aman atau malah justru akan membahayakan pada kesehatan? untuk mengetahui lebih jelasnya, simak artikelnya dibawah ini.

Nyamuk merupakan salah satu binatang yang sangat menyebalkan, tidak hanya dapat menyebabkan penyakit salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh gigitan nyamuk yang menghisap darah yaitu penyakit malaria. Malaria merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan bahaya malaria pada anak. Meski sangat berguna, namun penggunaan obat nyamuk juga memiliki bahaya yang akan menimbulkan efek samping ketika kita hirup. Obat nyamuk pun banyak pilihannya, mulai dari obat nyamuk bakar, oles, semprot, hingga elektrik.

Waspada, Bahaya Obat Nyamuk Pada Kesehatan

Bahaya Obat Nyamuk Psda Kesehatan

Bagi anda yang sering memanfaatkan obat pengusir nyamuk seperti obat nyamuk bakar, semprot atau elektrik penting untuk mengetahui bahaya dari obat nyamuk, karena hal ini akan berpengaruh pada kesehatan bahkan sampai menimbulkan kondisi lebih serius yang harus segera diatasi. Berikut adalah 3 jenis obat nyamuk serta bahaya atau dampaknya :
  1. Obat nyamuk bakar.
    Obat nyamuk bakar biasanya sangat banyak digunakan oleh orang obat ini dapat menghasilkan asap yang akan nyamuk, namun asap ini juga dapat menimbulkan bahaya yang sama dengan rokok karena dapat mencemari udara. Paparan asap nyamuk dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat menyebabkan masalah pada paru-paru dan jantung termasuk hal ini akan memicu seseorang untuk terkena penyakit asma dan kanker paru.
  2. Obat nyamuk semprot.
    Cara penggunaan obat nyamuk ini biasanya disemprotkan keudara, jika terhirup atau tertelan maka akan menyebabkan sesak napas, batuk-batuk, muntah, sampai kehilangan kesadaran. Sedangkan kandungan DEET yang dalam obat nyamuk semprot akan menyebabkan iritasi dan gangguan saraf, terutama jika terjadi kontak jangka panjang dengan kulit. Jika terkenan pada mata hal ini akan menyebabkan luka bakar pada mata.
  3. Obat nyamuk elektrik.
    Obat nyamuk elektrik biasanya tersedia dalam bentuk kepingan dan cairan, nyamuk ini dapat menghasilkan uap yang jika terhirup dapat menyebabkan iritasi mata dan alergi. Selain itu penggunaan nyamuk semprot juga bisa menyebabkan masalah pernapasan akut.
Untuk mengurangi frekuensi dan paparan dari penggunaan obat nyamuk, anda bisa melakukan cara lain untuk menghindari nyamuk gigitan nyamuk. Misalnya, memakai kelambu di sekeliling tempat tidur, menggunakan baju dan celana panjang, atau menggunakan raket nyamuk. Jangan lupa, jaga kebersihan rumah, saluran air, dan menutup bak penampungan air agar nyamuk tidak bersarang dan berkembang biak.

Tidak ada komentar: