Senin, 14 Januari 2019

Cara Mencegah Penularan Hepatitis B Pada Keluarga

Cara Mencegah Hepatitis B - Tinggal pada keluarga dengan penderita hepatitis merupakan peluang besar untuk menularkannya kepada orang lain dengan mudah. Keluarga adalah tempat ternyaman ketika kita pulang dari mana saja. Namun bagaimana jika salah satu dari keluarga kita menderita hepatitis? untuk mencegah penyakit ini melakukan penularan, yuk kita simak informasinya dibawah ini.

Hepatitis merupakan salah satu penyakit yang banyak ditemukan diindonesia, penyakit ini tidak menimbulkan gejala sehingga penderita tidak menyadarinya dan dengan mudah penyakit ini akan menyebar termasuk pada satu keluarga. Hepatitis adalah penyakit yang dapat menular melalui darah, air mani, atau cairan lainnya yang sudah terinfeksi dengan virus hepatitis B.

Mencegah Penularan Hepatitis B Pada Keluarga 

Jika anda memiliki penyakit hepatitis B artinya anda bisa menularkannya kepada orang lain, untuk mencegah terjadinya penularan berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir penularan kontak virus yaitu :
  1. Melakukan vaksinasi.
    Cara pertama paling efektif yang harus anda lakukan untuk mencegah penularan hepatitis b pada keluarga yaitu dengan melakukan vaksinasi. Vaksin hepatitis B merupakan salah satu vaksin yang sangat efektif dalam mencegah penularan hepatitis.
  2. Biasakan untuk selalu mencuci tangan. 
    Kebersihan tangan merupakan salah satu cara cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah penularan infeksi termasuk pada hepatitis B. Usahakan sebelum dan setelah makan sebaiknya cuci tangan dengan menggunakan sabun dan pada air yang mengalir untuk dapat membunuh bakteri atau virus. 
  3. Hati-hati dengan penggunaan jarum.
    Dengan menggunakan jarum atau peralatan medis sebaiknya anda harus waspada karena jarum merupakan salah satu sarana paling umum yang bisa menyebabkan penyakit hepatitis. Usahakan juga jangan menggunakan barang pribadi secara bersamaan seperti handuk dan sikat gigi karena ketika penderita hepatitis menggosok gigi dan meninggalkan darah yang tertinggal disikat gigi hal ini akan membuat penularan kepada orang lain tanpa kita sadari.
  4. Perhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi.
    Selain dengan melakukan hidup sehat untuk penderita hepatitis seperti mencuci tangan, namun anda juga harus tetap perhatikan jika makanan disiapkan oleh penderita hepatitis karena hal ini akan menyebabkan resiko anda untuk tertular penyakit hepatitis. Makanan yang mentah, buah segar dan roti lapis merupakan salah satu cara penularan hepatitis, oleh karena itu jika anda akan makan diluar rumah sebaiknya pilihlah makanan yang dijamin matang.
Dan itulah beberapa cara untuk mencegah penularan hepatitis B pada keluarga semoga tips yang kami berikan bermanfaat dan terimakasih telah menyimak semoga anda bisa mengamalkannya.

Tidak ada komentar: