Rabu, 09 Januari 2019

Pertolongan Pertama Pada Penyakit Epilepsi

Pertolongan Pertama Epilepsi - Epilepsi mungkin tidak asing lagi dan banyak ditemukan pada negara indonesia, namun pada saat anda melihat orang yang terserang epilepsi apakah hal yang pertama untuk menolong orang tersebut? untuk mengetahui apa saja langkah yang harus anda lakukan supaya bisa menolong epilepsi mari kita simak artikelnya dibawah ini.

Epilepsi merupakan suatu kondisi yang biasanya ditandai dengan kejang secara berulang, karena bisa beresiko menimbulkan kerusakan pada otak maka ketika terserang epilepsi penderita harus mendapatkan pertolongan pertama untuk menyelamatkan nyawa mereka. Kejang yang terjadi pada penderita epilepsi bisa disebabkan karena penderita mengalami demam tinggi, infeksi sistem saraf, cedera otak traumatik akut, atau ketidakseimbangan gula darah atau elektrolit.

Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia termasuk pada anak, dewasa, serta lansia. Namun penyakit ini sangat rentan terjadi pada anak dan lansia, sehingga mereka membutuhkan cara mengatasi epilepsi pada anak yang tepat untuk menghindari adanya resiko fatal yang kemungkinan akan terjadi.

Ketika penyakit ini kumat penderita biasanya tidak akan menyadarkan diri terhadap lingkungan disekitarnya. Untuk itu bagi anda kerabat atau keluarga terdekat sebaiknya anda harus mengetahui apa saja langkah yang harus anda lakukan untuk menolong penderita epilepsi. Berikut adalah beberapa tips atau langkah yang bisa anda lakukan untuk melakukan pertolongan pertama pada saat penderita terserang epilepsi :
  1. Berusaha untuk tetap tenang dan jangan panik.
    Jika ada teman atau keluarga yang mengalami epilepsi pada saat bermain atau berpergian bersama, untuk mengatasi serangan epilepsi hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah bersikap tenang dan jangan panik supaya tidak memperburuk kondisi.
  2. Memindahkan penderita ketempat yang lebih aman.
    Apabila anda berada pada tempat yang kurang nyaman dan aman sebaiknya pindahkan penderita ketempat yang jauh lebih baik untuk membantu penderita bergerak lebih leluasa dan tidak membatasinya serta hindarkan dari barang yang dapat membahayakan.
  3. Melonggarkan pakaian penderita.
    Saat sedang terjadi serangan epilepsi pastikan pakaian penderita dalam keadaan yang longgar onggarkan kerah kemeja atau ikat pinggang agar memudahkan pernafasan.
  4. Hindari pemberian makanan atau benda ke mulut.
    Sebaiknya anda jangan memasukan makanan atau minuman serta benda kedalam mulut penderita karena hal tersebut akan melukai pasien.
  5. Pada saat keluar busa pasien sebaiknya dimiringkan.
    Bila penderita muntah atau mengeluarkan busa sebaiknya miringkan kepala kearah kiri atau kanan untuk membantu agar busa atau liur menjadi keluar.
  6. Pada saat kejang.
    Jika pasien sedang mengalami kejang sebaiknya jangan berusaha untuk menahan kejang karena dapat beresiko mematahkan tulang penderita apabila penolongnya tidak berhati-hati.
  7. Tetap menemani penderita.
    Pada saat pasien kembali pulih sebaiknya jangan ditinggalkan karena penderita akan merasa bingung. Namun jika pasien mengalami sakit kepala, terlihat kosong atau mengantuk, biarkan pasien melanjutkan istirahat sampai penderita kembali pulih dan tenang.
Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pertolongan pertama pada epilepsi semoga bermanfaat serta bisa diamalkan dan terimakasih telah menyimak.

Tidak ada komentar: