Selasa, 08 Januari 2019

4 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diare

Pantangan Makanan Saat Diare - Semua orang pasti sudah merasakan dan mengalami diare, tak hanya anak-anak pasti orang dewasa juga pernah mengalaminya. Pada saat anda mengalami diare apa saja makanan yang anda konsumsi untuk membantu mempercepat penyembuhan? 

Saat diare anda pasti akan merasakan mulas yang diikuti dengan dorongan kuat untuk buang air besar (BAB), kondisi ini bisa terjadi selama beberapa hari atau selama satu minggu lebih sehingga dapat mengganggu dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari anda. Diare tidak bisa dianggap sebagai hal yang sepele karena jika terjadi pada anak-anak akan menyebabkan gangguan pada peetumbuhan menjadi menurun.

Penyebab dari diare dapat bermacam-macam salah satu yang paling sering terjadi yaitu kebiasaan buruk yang sering anda lakukan, selain itu juga diare bisa disebabkan karena penyakit disentri. Jika kondisi diare yang disebabkan karena disentri ini terus dibiarkan lama kelamaan penderita akan mengalami dehidrasi yang akan berakibat pada fungsi jaringan tubuh.

Jika anda sudah terserang dan mengalami diare, supaya diare tidak semakin parah dalam jangka waktu yang lama sebaiknya anda harus dapat menghindari pemicunya salah satunya yaitu faktor makanan. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari pada saat mengalami diare yaitu :
  1. Makanan berminyak dan berlemak.
    Untuk membantu proses penyembuhan pada saat diare salah satu makanan yang anda harus hindari yaitu makanan berminyak dan berlemak. Makanan ini dapat membuat otot perut semakin tegang dan akhirnya akan memperparah kondisi diar dan dapat menyebabkan pengosongan lambung yang akan membuat orang merasa kembung.
  2. Alkohol dan kafein.
    Tidak hanya akan memperparah kondisi diare dengan konsumsi alkohol dan kafein juga dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan. Alkohol dan kafein dapat membuat seseorang menjadi mencret, dan bagi anda yang suka minum kopi pada pagi atau malah hari sebaiknya hentikan untuk sementara waktu agar diare tidak semakin parah.
  3. Produk olahan susu.
    Jika anda mengalami kondisi diare kronis sebaiknya hentikan konsumsi produk susu karena mengandung laktosa yang dapat memicu kondisi semakin parah dan tidak terkendali.
  4. Membatasi konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.
    Konsumsi serat memang sangat baik untuk kesehatan tubuh namun bagi anda yang sedang mengalami diare sebaiknya harus membatasinya karena makanan yang mengandung serat tinggi akan sulit dicerna oleh tubuh.
Jika anak anda mengalami diare yang berkepanjangan sampai 4 minggu yang disertai dengan darah atau lendir serta diikuti dengan sakit perut, mual dan muntah, demam, dan kehilangan berat badan mungkin anak anda terkena disentri. Untuk mengetahui siapa saja yang mungkin bisa mengalami disentri anda bisa membaca artikel selanjutnya tentang : Faktor Resiko Penyakit Disentri.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat anda mengalami diare semoga informasi tersebut bermanfaat dan bagi anda yang sedang mengalami diare semoga bisa cepat sembuh.

Tidak ada komentar: