Minggu, 20 Januari 2019

Mencegah Kanker Ovarium Dengan Pola Hidup Sehat

Cara Mencegah Kanker Ovarium - Penyakit kanker ovarium merupakan salah satu penyakit yang menakutkan bagi seorang perempuan. Tidak hanya akan berpengaruh pada kesehatan, namun penyakit ini juga bisa menimbulkan resiko yang sangat fatal seperti mematikan. Bagaimana saja agar kita terhindari dari penyakit kanker ovarium? untuk lebih jelas, mari kita simak artikelnya dibawah ini.

Kanker ovarium adalah suatu kondisi dimana tumor ganas dapat tumbuh dan berkembang didalam sel indung telur. Kanker ini biasanya muncul pada siapa saja namun banyak ditemukan terjadi pada wanita yang sudah masuk dalam masa manopouse atau berusia lebih dari 50 tahun. Penyakit ini bisa terjadi karena kebiasaan yang memicu kanker ovarium atau pola hidup yang kurang sehat.

 Pola Hidup Sehat Untuk Pencegahan Penyakit Kanker Ovarium.

Gambar terkait

Bagi seorang wanita terkena penyakit kanker ovarium bukanlah satu hal yang mudah ada banyak ketakutan yang mereka alami. Penyakit kanker ini selain dapat disebabkan oleh keturunan, perkembangan kanker juga dapat disebabkan karena perubahan pola hidup yang anda jalani. Meski penyebab kanker ovarium belum diketahui secara jelas, namun anda juga bisa mengurangi resiko terkena kanker dengan melakukan langkah-langkah seperti :
  1. Berolahraga secara teratur.
    Olahraga secara teratur merupakan salah satu faktor penting untuk mencegah terjadinya kanker ovarium, selain dapat mencegah kanker dengan melakukan olahraga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga juga berarti kita dapat mengatasi penumpukan lemak yang ada dalam tubuh, dimana seseorang dengan kelebihan berat badan memiliki resiko tinggi untuk terkena kanker.
  2. Menjaga pola makan yang sehat.
    Orang yang mengkonsumsi makanan kaya antioksidan, flavonoid, folat, karotenoid, vitamin C, vitamin E dan serat mengalami penurunan risiko kanker ovarium. Manfaat tersebut dapat anda dapatkan dari sayuran dan buah-buahan yang mengandung nutrisi juga mengandung serat yang dapat mempertahankan berat badan.
  3. Berhenti merokok.
    Selain dapat mencegah kanker paru, dengan upaya berhenti merokok juga dapat mencegah terjadinya kanker ovarium. Bahaya dari wanita yang suka merokok yaitu memiliki resiko dua kali besar untuk terkena kanker daripada dengan yang tidak merokok. Hal ini karena ,merokok dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang dapat memicu terjadinya perkembangan kanker ovarium.
  4. Konsumsi lemak sehat dan mengurangi lemak jahat.
    Semua lemak memberikan jumlah energi yang sama, yaitu sekitar 9 kalori per gram, sementara karbohidrat dan protein memberikan 4 kalori per gram. Oleh karena itu, mengurangi jumlah lemak dalam makanan bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi resiko kanker dan mengurangi asupan kalori serta dapat menurunkan berat badan.Contoh lemak sehat yang baik untuk anda konsumsi yaitu minyak zaitun, minyak kacang, dan minyak jagung.
Selain dapat mencegah terjadinya kanker ovarium dengan menjalankan pola hidup sehat juga dapat mencegah berbagai penyakit yang akan masuk kedalam tubuh. Masih mau menjalani pola hidup yang kurang sehat? waspada berbagai penyakit yang akan menyerang anda termasuk jenis kanker.

Demikian penjelasan tentang mencegah kanker ovarium dengan pola hidup sehat semoga bermanfaat dan semoga informasi yang kami berikan bisa membantu untuk mencegah kanker ovarium yang akan terjadi dikemudian hari.

Tidak ada komentar: