Selasa, 22 Januari 2019

3 Penyebab Testis Bengkak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Dan Cara Mengatasi Testis Bengkak - Salah satu masalah yang sering ditemukan pada testis yaitu pembengkakan. Menemukan pembengkakan pada testis merupakan hal yang paling menakutkan, karena testis memiliki fungsi yang penting. Untuk mengetahui apa saja kemungkinan dari penyebab testis bengkak mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Testis merupakan salah satu alat reproduksi pria yang mempunyai fungsi sebagai produksi sel sperma yang diperlukan untuk membuahi sel telur wanita. Pembengkakan pada testis biasanya akan sering ditemukan pada pria dewasa dibandingkan dengan anak-anak. Jika testis anda mengalami pembengkakan serta ukurannya bertambah besar anda harus mewaspadainya sebab hal itu bisa menjadi adanya suatu masalah.

Penyebab Testis Bengkak dan Cara Mengatasinya.

Penyebab Testis Bengkak Dan Cara Mengatasinya 

Jika anda mengalami pembengkakan pada testis mungkin anda mengira bahwa hal itu sebagai bisa saja, namun anda harus ketahui pembengkakan pada testis bisa saja menjadi salah satu tanda dari adanya suatu penyakit yang jika terus dibiarkan akan menimbulkan suatu masalah yang lebih serius. Untuk mengetahui apa saja penyebab tesis bengkak berikut adalah penjelasannya :
  1. Varikokel.
    Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan pembengkakan pada penis yaitu penyakit varikokel. Penyakit varikokel dapat terjadi ketika pembuluh darah vena mengalami pembesaran sehingga darah akan terkumpul dan tidak bisa mengalir kejantung. Penyakit ini biasanya akan dialami oleh pria yang berumur 15-25 tahun dengan gejala seperti nyeri pada selangkangan dan salah satu testis akan terlihat seperti membesar.
  2. Hernia.
    Penyakit ini dapat terjadi ketika dinding bagian perut mengalami pelemahan sehingga usus akan turun ke kantung testis dan akan menyebabkan testis seperti mengalami pembesaran. Benjolan yang terdapat pada hernia dapat muncul ketika anda duduk atau sedang melakukan aktivitas terutama saat mengangkat benda berat, namun hal ini akan kembali seperti normal ketika posisi anda dalam keadaan terlentang.
  3. Kanker testis.
    Kanker testis merupakan jenis kanker yang dapat berkembang pada testis pria, pada sebagian orang pembengkakan merupakan salah satu gejala kanker testis yang harus diwaspadai. Penyakit ini merupakan jenis kanker yang biasanya jarang terjadi dan umumnya terjadi pada pria yang berusia 15-49 tahun.
Untuk mengatasi pembengkakan pada testis penanganan yang diberikan biasanya akan sesuai dengan penyakit yang dialami, ada juga pembengkakan yang bisa hilang dengan sendirinya asalkan pembengkakan yang terjadi bukanlah suatu kondisi yang mengarah pada jenis kanker. Untuk menyembuhkan pembengkakan testis anda juga bisa memilih pengobatan seperti penggunaan antibiotik atau dengan memanfaatkan bahan alami. Untuk melakukan tindakan dirumah anda bisa melakukan istirahat, kompres dingin atau es ke testis selama 15 menit untuk membantu mengurangi pembengkakan.

Demikian penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi testis bengkak semoga bermanfaat dan semoga dapat membantu anda untuk selalu menjaga kesehatan baik dari luar atau dari dalam supaya dapat menghindari terjadinya penyakit yang akan masuk kedalam tubuh.

Tidak ada komentar: