Kamis, 10 Januari 2019

3 Pengobatan Alami Untuk Menyembuhkan Mata Bintitan

Cara Menyembuhkan Mata Bintitan - Adanya mata bintitan bisa disebabkan karena adanya minyak yang tersumbat, bakteri yang akan tumbuh dan menyebabkan infeksi. Meski mata bintitan dapat hilang dengan sendirinya namun anda juga harus melakukan perawatan supaya kondisi ini tidak menimbulkan hal yang serius. Bagaimana saja cara menghilangkan mata bintitan? untuk lebih jelas, mari kita simak artikelnya dibawah ini.

Semua orang pasti pernah mengalami mata bintitan, meski kondisi ini bukanlah hal yang serius namun dapat mengganggu penampilan. Pada awalnya mata yang tidak akan merasa nyaman seperti ada yang mengganjal dan kemudian pada kelopak mata akan muncul benjolan kecil berwarna merah seperti jerawat. Benjolan tersebut akan berisi nanah yang akan membengkak dalam waktu 3 hari, hal ini tentunya akan membuat mata sensitif terhadap cahaya.

Pada umumnya hampir semua mata bintitan tidak membutuhkan penanganan yang khusus dan bisa disembuhkan dengan sendirinya. Akan tetapi jika kondisi ini tidak segera diatasi resiko komplikasi mungkin saja anda alami seperti penyakit katarak dan glaukoma. Mata yang mengalami bintitan akan menghilangkan kepercayaan diri apalagi pada saat berinteraksi dengan orang lain.

Kondisi ini merupakan suatu kondisi yang harus anda tangani untuk mencegah terjadinya infeksi yang dapat menyebar seperti akan menjadi penyebab kepala pusing disertai mata sakit. Ada banyak pilihan obat banyak dikenal dimasyarakat, namun ada pilihan obat mata sederhana yang bisa anda lakukan dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan dan menghilangkan bintitan pada mata yaitu :
  1. Kompres dengan air hangat.
    Cara menghilangkan mata bintitan yang sudah dikenal sejak lama yaitu dengan kompres air hangat, kompres ini bisa membantu anda untuk mengeluarkan nanah pada bintitan secara alami sehingga tidak menyebarkan infeksi. Caranya yaitu dengan menyiapkan kain lembut yang sudah direndam dengan air hangat kemudian kompreskan pada mata bintitan selama 15 sampai 20 menit.
  2. Kompres dengan kantong teh celup.
    Salah satu bahan yang populer untuk mengatasi lebih cepat dan efektif yaitu dengan menggunakan kantong teh celup. Kandungan antibakteri yang ada dalam teh hijau bisa membantu untuk meredakan infeksi dan mengurangi pembengkakan. Caranya yaitu dengan merendam teh celup dalam air panas dan angkat teh celup dan biarkan suhunya menurun atau sampai hangat tempelkan dan kompres pada mata bintitan selama 54 sampai 10 menit.
  3. Ketumbar.
    Ketumbar bisa membantu untuk meredakan infeksi dan pembengkakan caranya yaitu   rebus 2-4 sendok ketumbar dalam air. Selain dengan ketumbar anda juga bisa memanfaatkan daun ketumbar untuk mengatasi mata bintitan karena daun ketumbar memiliki kandungan anti peradangan, antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga mata bintitan yang disebabkan oleh kotoran dan bakteri akan hilang lebih cepat. Caranya yaitu rebus satu sendok teh daun ketumbar kemudian tambahkan secangkir air sampai mendidih, tiriskan dan tunggu sampai agak dingin, setelah itu usapkan daun ketumbar pada mata yang bintitan. Untuk penyembuhan lebih cepat anda juga bisa meminum air rebusan daun ketumbar tersebut.
Untuk mencegah terjadinya infeksi pada lokasi lain sebaiknya anda hindari untuk memencet benjolan pada bintitan karena akan mengakibatkan masalah lainnya. Demikian penjelasan tentang pengobatan alami untuk menyembuhkan mata bintitan semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak.

Tidak ada komentar: