Jumat, 29 Desember 2017

Nutrisi Tepat Bagi Penderita Asam Urat

Nutrisi Tepat Bagi Penderita Asam Urat - Selain diperlukannya obat penurun asam urat, bagi penderita wajib memperhatikan pola makan untuk terhindar atau sembuh dari penyakit asam urat.

Nilai normal asam urat adalah :
  • Perempuan : 2.4–6.0 miligram per desiliter (mg/dL)
  • Laki-laki : 3.4–7.0 mg/dL
  • Anak-anak: 2.0–5.5 mg/dL
Sangat penting untuk menjaga asam urat ini dalam nilai normal, tingginya nilai asam urat akan membuat Anda berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Berikut ini cara mecegah penyakit asam urat:
  • menghindari makanan-makanan yang meningkatkan kadar asam urat seperti kacang-kacangan, jeroan, sea food.
  • berolahraga secara teratur.
  • Jika kadar asam urat tinggi, boleh minum obat penurun asam urat untuk membantu mengandalikan kadar asam urat Anda
Penyebab asam urat sendiri adalah :
Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat purin tinggi, contohnya :  jeroan hewan (ginjal, hati, jantung), hidangan laut (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, ikan makarel), dan daging merah (sapi, kambing, kerbau, sayuran daun singkong, bayam dan kangkung. Selain itu minuman manis dan alkohol juga memicu meningkatkan kadar asam urat darah Berati harus  menghindari makanan.

Obat-obatan. Beberapa pengobatan memang dapat meningkatkan resiko penumpukan asam urat seepri niacin, aspirin, obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitor), obat penghambat beta (beta blocker), sislosporin, diuretik, dan obat-obatan kemoterapi.

Nutrisi Tepat Bagi Penderita Asam Urat

Selain minum obat penurun asam urat, hindari makanan-makanan penyebab asam urat seperti diatas maka kadar asam urat Anda akan terkontrol dan terhindar dari penyakit asam urat.

Tidak ada komentar: